Home » Dekorasi » Desain Rumah Sederhana Seperti Tempo Dulu, tapi Bersih dan Nyaman Buat Keluarga

Desain Rumah Sederhana Seperti Tempo Dulu, tapi Bersih dan Nyaman Buat Keluarga

Rumah jaman dulu jawa, model rumah jaman dulu minimalis, konsep rumah tempo dulu desain, rumah jaman belanda, interior rumah jaman dulu, rumah jawa tempo dulu, rumah jaman sekarang, model rumah jaman dulu sederhana,

Memiliki rumah idaman barangkali adalah salah satu impian terbesar bagi setiap pasangan suami istri. Bayangkan betapa nikmatnya menghilangkan capek selesai bekerja dan menikmati suasana bersama keluarga di ruang keluarga serta ruang tidur .Bentuk desain rumah idaman memang dapat saja berbeda- beda. Terlepas dari model desain rumah yang diminati, desain desain rumah bisa dijadikan referensi desain rumah.

Sama seperti produk fesyen, tren desain rumah mewah juga kerap berganti dari waktu ke waktu. Saat ini, kebanyakan hunian yang dijual memiliki konsep rumah minimalis. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh inovasi yang panjang dan tren yang sedang berlangsung. Di Indonesia, pencari rumah khususnya untuk hunian pertama kini masih didominasi oleh generasi milenial. Pasalnya, generasi inilah yang kini memasuki usia produktif. Generasi milenial cukup berbeda dengan generasi sebelumnya dalam urusan desain rumah.

 

Meski terbilang sangat kuno, akan tetapi, gaya arsitekrumah klasik tempo doeloe sampai saat ini, masih relatif tinggi peminat. Dikarenakan rumah klasik tempo doeloe terbilang sangat unik akan kealamiannya. Di tengah banyaknya tren model rumah modern bernuansa minimalis saat ini, kehadiran bangunan bergaya tempo dulu justru menjadi sesuatu khas tersendiri. Terkesan lebih menawan nan elok di pandang mata. Justru gaya arsitektur rumah jadul inilah yang menjadi salah satu acuan dari desain arsitektur untuk rumah-rumah di zaman sekarang.

Selain unik dengan khas klasiknya rumah jadul juga bisa dikatakan rumah yang sederhana yang terkesan elegan dan menawan. Malah ada juga yang sengaja membangun rumah dengan bergaya klasik tempo doeloe. Kenangan dari masa lalu atau ketertarikan orang dengan gaya arsitektur tempo doeloelah salah satu yang menjadi alasannya. Mari kita mengupas lebih jauh lagi tentang rumah tradisional ini. Mulai dari Model dan seni bangunannya, jenis klasik ini biasanya cenderung lebih kepada ciri khas dan jenis desain arsitekturnya tersendiri, yang mana tidak terlalu banyak gaya hanya dengan menggandalkan lis profil saja sebagai permainan dekor interior maupun eksteriornya.

Biasanya rumah kuno memiliki khas bentuk jendela yang sengaja dibuat besar-besar dan seragam, guna memperkuat karakteristik dari segi bangunannya lebih terasa. Selain itu, ketinggian dari plafon dan atapnya juga sengaja didesain cukup tinggi agar terlihat semakin jelas dan lebih leluasa apabila di pandang tidak terkesan sempit. Bila dilihat dari cirinya, tipe rumah jadul biasa menerapkan tipe dinding dengan ukuran yang lebih tebal dibanding dengan rumah di zaman sekarang. Maklum, negeri kita ini terbilang bekas jajahan kompeni belanda, maka tak heran apabila dari seni bangunannya terdapat sedikit khas gaya eropa yang terselip pada desain bangunan tempo doeloe ini.

Bukan hanya dari karkteristik bangunanya loh, dengan menempatkan furnitur jenis jadul juga merupakan pemicu khas dari rumah jadul agar semakin terasa, misalnya mencari perabotan antik, pembuatan taman luas beserta kolam yang dibuat dari bahan tanah liat, warna cat rumah yang tidak banyak memadukan warna, hingga penerapan ornamen-ornamen berjenis klasik lainnya bisa menjadi salah satu bagian yang bisa menciptakan keindahan rumah berkelas antik tempo doeloe, agar suasana nostalgia semakin kental terasa. memang setiap hal klasik walaupun terbilang jadul sekalipun, tetap selalu indah dipandang dan yang terpenting khas dari yang paling utama tak lekang oleh zaman, asal kita bisa memelihara dan melestarikannya.

Meski tak bisa dihindari, dibutuhkan untuk mempercantik rumah dengan furniture bergaya klasik membutuhkan biaya yang lumayan besar juga tidak mudah mencari perabotan antik yang langka. Namun untuk sebuah keindahan dan demi melestarikan budaya bagi anda pecinta hal antik, hal tersebut akan memadai. Tak mengherankan jika dewasa ini masih banyak kalangan yang menyukai desain berkelas jadul tempo doeleo, alasannya dari keseluruhan detail dalam maupun luar ruangan rumah membutuhkan hal serba ekstra dari mulai pencarian barang antik sampai biaya. Namun keunikan dari hasilnya memang tiada tara, alias puas. Mantap kan??

Walaupun seperti itu, tetap semua terserah anda yang menentukannya, mungkin cukup sekian pembahasan tentang rumah klasik tempo doeloe yang bisa saya sampaiakan. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *